Belajar Bertanya

Artikel ini sedikit banyak berhubungan dengan artikel saya sebelumnya yang berjudul Diskusi Beradab ala StackOverflow. Pada artikel tersebut saya menjelaskan aturan diskusi yang cukup ketat di StackOverflow, bahkan untuk sekedar bertanya seringkali kita harus memutar otak dulu untuk mendapatkan respon yang positif. Salah bertanya atau memberikan menjawab bisa berdampak pada downvote dan bahkan bann.

Salah satu kesalahan paling sering dilakukan pemula yang sedang belajar pemrograman adalah tidak bertanya secara benar, akibatnya susah untuk mendapatkan jawaban yang sesuai. Saya tidak terlalu paham di bidang lain, tapi dalam bidang pemrograman ketika kita mencoba bertanya dengan cara yang benar, akan jauh lebih mudah mendapatkan jawaban bahkan terkadang tanpa harus dijawab oleh orang lain.

Masalahnya, seringkali ketika programmer pemula bertanya seputar pemrograman, mereka memberikan pertanyaan yang salah dengan cara yang salah pula. Misalkan ketika sedang praktikum di lab, mahasiswa yang mendapatkan error ketika tahap kompilasi program, lalu dengan tergesa bertanya pada asisten atau dosen “Mas/pak punya saya error”. Uniknya ketika ditanya “Errornya apa?” banyak yang cuman melongo tidak tahu. Kalau saja pertanyaan model tersebut ditanyakan ke forum pemrograman, sudah hampir bisa dipastikan* akan di-buly berjamaah. Bertanya kesalahan program tanpa memberitahukan apa pesan errornya, sama dengan menyuruh orang lain untuk membaca dan merunut kodingan kita yang pastinya akan menghabiskan lebih banyak waktu.

Hikmah dari belajar bertanya dengan cara yang seusai sebenarnya adalah untuk men-trigger otak kita untuk mengeksplorasi lebih dalam permasalahan kita. Faktanya seringkali setelah melakukan eksplorasi lebih mendalam terhadap permasalahan, kita seringkali mendapatkan ilham alternatif solusi yang belum pernah terfikirkan sebelumnya. Secara pribadi saya sendiri beberapa kali akhirnya gagal bertanya di forum / stackoverflow karena ketika proses menyusun kalimat pertanyaan yang baik ternyata saya sudah mendapatkan jawabannya.

Keuntungan yang lain, ketika kita bertanya dengan cara yang baik dan benar adalah nantinya akan memudahkan para mastah-mastah lain untuk memahami permasalahan kita yang sebenarnya, sehingga mereka pun akan lebih mudah memberikan solusi. Lebih jauh lagi, kita akan lebih mudah mengingat permasalahan tersebut, sehingga ketika kita mendapatkan permasalahan yang sama, sedikit banyak kita mampu me-recall solusinya juga.

Terakhir, perlu diingat bahwa programmer bukanlah orang yang pelit, mereka hanya memiliki perasaan sentimentil yang cukup tinggi. Kebanyakan programmer akan merasa enggan meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dari orang yang tidak mau meluangkan waktu untuk memahami pertanyaan mereka sendiri.

Header image created by Creativeart – Freepik.com

* kalau anda adalah cewek cantik & jomblo kemungkinan besar anda tidak akan di-buly di forum pemrograman.

You May Also Like

About the Author: Fahri Firdausillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *